Pengertian Lengkap Mengenai MS-DOS

MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) merupakan sistem operasi berbasis Command-Line interpreter dan teks. Untuk menjalankan perintah-perintah pada MS-DOS, misalnya seperti membuka folder, mengahapus file, menyalin data, dan sebagainya kita harus mengetikkan perintah tersebut secara langsung. Sistem opearasi ini pertama kali dirilis pada tahun 1981. Microsoft meluncurkan versi-versi MS-DOS hingga delapan kali, yaitu dari tahun 1981 hingga akhirnya Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000.

Berbeda dengan sistem operasi Windows masa kini, kita tidak perlu repot mengetik suatu perintah untuk membuka atau menghapus file. Semua itu bisa kita lakukan hanya dengan mengekliknya saja dan bahkan bisa juga dengan menggunakan fungsi tombol yang ada pada keyboard komputer , seperti misalnya tombol 'del' pada keyboard yang berfungsi untuk menghapus suatu file.

Pada sistem operasi Windows ada sebuah program yang bernama CMD (Command Prompt), banyak orang mengatakan bahwa CMD merupakan MS-DOS  yang merupakan sebuah referensi terhadap sistem operasi generasi awal dari Microsoft. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa command prompt bukanlah MS-DOS, melainakan hanya sebuah program yang dapat menjalankan perintah yang ada pada MS-DOS.


Untuk membuka command prompt pada Windows dapat dilakukan dengan cara menekan tombol windows + R secara bersamaan pada keyboard. Kemudian ketik "CMD" (tanpa tanda kutip) pada kolom yang ada, lalu tekan enter. Bisa juga dengan klik icon windows -> All Programs -> Accessories lalu pilih Command Prompt.

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Pengertian Lengkap Mengenai MS-DOS"

  1. Thnks artikelnya. kadang pake ms dos buat ngeping internet aja. hehe

    ReplyDelete
  2. makasih gan ane jadai nambah ilmunya :)

    ReplyDelete
  3. nah ini yang ane cari dari kemarin, thanks gan..

    ReplyDelete
  4. thanks gan infonya, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. terimakasih tutorialnya gan,, sangat membantu, saya coba dulu ya

    ReplyDelete
  6. Anak tkj bahaya nih, pasti pinter mengotak atik jaringan hahaha. Sipplah

    ReplyDelete
  7. keren gan infonya ane bisa tambah ilmu hehehe

    ReplyDelete
  8. mantap nih pengertian nya :D makasih gan

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. thanks infonya blogtechnozz.blogspot.co.id/

    ReplyDelete