Pengertian dan Struktur Dasar HTML


HTML merupakan kependekan dari HyperText Markup Language. Fungsinya untuk membuat sebuah halaman pada web dan memperindah file teks biasa untuk ditampilkan pada web browser. Dalam HTML terdapat elemen-elemen yang disebut sebagai tag. Penulisan tag bisa ditulis dengan huruf besar maupun kecil. Misalnya : <HTML> atau <html>.  Untuk tag HTML biasanya memiliki pasangan yang ditandai dengan simbol garis miring (/). Misalnya pasangan dari tag < font > adalah < /font >.

Dibawah ini merupakan anatomi dari tag HTML :
<namatag attribut="nilaiattribut">
Konten atau isi
</namatag>
Kemudian penulisan kode HTML pada baris pertama pasti diawali dengan < !DOCTYPE HTML >, kemudian diikuti pada baris selanjutnya dengan kode < html >, kode-kode tersebut menandakan bahwa dokumen yang saat ini sedang dibuka merupakan HTML. Fitur pada HTML dapat dikelompokkan ke dalam struktur halaman, peranti penyaji gambar, persentasi visual, pendukung media, dan peningkatan koneksi dengan .js (JavaScript).

Berikut adalah struktur dasar HTML :

<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
Bagian ini merupakan badan dari html, anda bisa memasukkan teks, gambar, video, dan sebagainya disini.
</body>
</html>

Pada tag < title > digunakan untuk judul halaman yang nantinya akan muncul pada title bar web browser dan biasanya diletakkan dibagian header. Lalu pada bagian < body > merupakan tubuh atau bagian terpenting dari sebuah HTML, yang mana keseluruhan kode-kode biasanya ditaruh pada bagian ini.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Pengertian dan Struktur Dasar HTML"

  1. Oh gitu ya gan makasih ya informasinya.

    ReplyDelete
  2. kalo ane sih udh tau banget masalah ini gan..jdi gampang ngerti deh

    ReplyDelete
  3. gak mudenh saya gan,,, tapi nggak.apa lah,,, makash udah share.gan,,, jangan lupa komen back di ronalsf.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. thnks gan info nya, saya jadi paham :)

    ReplyDelete
  5. Mungkin agak sedikit membingungkan gan, tapi untuk edit-edit sedikit bisalah, nanti belajar lagi supaya pro kaya agan ini hehe

    ReplyDelete