Pengertian dan Perbedaan Link Absolut dengan Link Relatif


HTML merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman pada web (selengkapnya baca: Pengertian dan Struktur Dasar HTML). Pada HTML terdapat 2 jenis link, yaitu link absolut dan link relatif. Prinsip yang digunakannya sama, yaitu mengarahkan browser ke dokumen tujuan. Namun, untuk setiap jenis link tersebut mempunyai karakteristik, fungsi dan perbedaannya masing-masing.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai link absolut dan relatif :

1. Link Absolut
Link absolut merupakan suatu link yang mengarah pada halaman situs web yang berbeda. Jenis link ini memiliki tujuan, yaitu supaya pengunjung dapat memperoleh informasi lebih banyak mengenai tema pada suatu situs web yang mungkin saja pada situs web tersebut belum pernah dibahas atau bahkan tidak ada.

Contoh penulisan link absolut :
<a href="http://www.twitter.com">Twitter</a>

2. Link Relatif
Link relatif adalah suatu link yang menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lain yang masih terletak pada situs web yang sama. Untuk penulisan alamat tujuan cukup dengan menuliskan nama dokumennya saja, jadi tidak perlu ditulis secara lengkap. Tetapi, harus diperhatikan juga ekstensi atau format dokumen yang digunakan (misalnya html, php, atau css) karena hal itu sangat berpengaruh.

Contoh penulisan link relatif :
<a href="index.html">Halaman Utama</a>

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Pengertian dan Perbedaan Link Absolut dengan Link Relatif"

  1. wis mantap bro http://wongkecerembang.blogspot.com/2015/12/harga-dan-spefikasi-samsung-s6.html

    ReplyDelete
  2. wah jadi itu perbedaannya,thanks gan

    ReplyDelete
  3. ohh jadi gitu gan. kalo gak salah itu juga salahsatu cara mendapatkan backlink gan.

    ReplyDelete