Pengertian dan Karakteristik Monitor


Monitor merupakan sebuah perangkat output yang berfungsi untuk mengkomunikasikan hasil dari pengolahan suatu data dari komputer kepada pengguna melalui bentuk gambar visual. Untuk menghubungkan komputer dengan monitor diperlukan sambungan kabel, seperti kabel VGA, HDMI dan DVI.

Kemudian, monitor juga mempunyai beberapa karakteristik yang perlu kita ketahui dan pahami. Karena dengan memahami karakteristik monitor, maka akan membantu kita dalam menentukan monitor terbaik untuk sistem yang spesifik.

Berikut ini merupakan 7 karakteristik pada monitor :


1. Resolusi
Jika sebuah monitor memiliki resolusi yang tinggi maka gambar yang dihasilkan akan terlihat semakin tajam. Untuk saat ini resolusi layar paling rendah pada monitor modern yaitu 640x480. Kini sudah hadir monitor 4K Ultra High Definition (UHD) dengan resolusi yang sangat tinggi yaitu 3840x2160.

2. Ukuran Layar Monitor
Saat ini ukuran layar monitor yang paling umum dan banyak digunakan adalah 14inch sampai 21inch, dihitung diagonal.

3. Display Warna
Monitor memiliki kedalaman warna dan untuk saat ini yang paling banyak digunakan adalah 32-bit warna (true color) yang merupakan pilihan  para fotografer profesional dan seniman grafis.

4. Pixels
Pada tampilan layar terdiri dari pixel atau titik kecil. Untuk setiap pixel-nya terdapat tiga buah warna yang disebut RGB (Red-Green-Blue)

5. Dot Pitch
Dot Picth merupakan suatu jarak antara 2 pixel berdekatan yang diukur dalam satuan mm (milimeter). Semakin kecil nilai dot picth-nya maka kualitas tampilan akan lebih baik. Untuk monitor saat ini umumnya memiliki 0.25 dot pitch.

6. Refresh Rate
Refresh rate dihitung dalam Hz (hertz) yang berarti per detik. Semakin tinggi angka refresh rate pada monitor, maka kinerjanya akan semakin bagus dan stabil. Jika angkanya rendah maka layar terlihat berkedip dan bergelombang, tentunya hal tersebut membuat kita tidak nyaman saat di depan monitor.

7. Video RAM (VRAM)
VRAM merupakan memori yang dimiliki oleh Video Card. Jika jumlah VRAM-nya tinggi, maka semakin banyak pula warna yang bisa ditampilkan. Video Card juga mengirim sinyal refresh yang berfungsi untuk mengontrol refresh rate.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian dan Karakteristik Monitor"

Post a Comment